Selasa, 09 Januari 2018

Honda Brio 2018


Honda Brio RS


Honda Brio mulai dikenal mulai tahun 2012. Konsep city car yang diusungnya tepat sasaran di kalangan masyarakat Indonesia yang mendambakan mobil yang berdesain mungil, nyaman, serta irit bahan bakar. Di awal kemunculannya, Brio masuk ke Indonesia setelah diimpor dari Thailand alias CBU (Completely Built Up). Brio CBU yang saat itu berkapasitas mesin 4 silinder 1300 cc dengan tenaga 100 dk (daya kuda) langsung memikat masyarakat Indonesia. 

Pada tahun 2013 PT Honda Prospect Motor (HPM) membuat konsep mobil LCGC (Low Cost Green Car) dengan nama Brio Satya. Konsep LCGC merujuk pada program pemerintah yang ingin mewujudkan konsep mobil yang harganya terjangkau, hemat bahan bakar, serta mendapat subsidi dari pemerintah untuk pajaknya sehingga harga jual Brio Satya lebih terjangkau dibandingkan dengan Brio versi CBU. Transmisi yang digunakan pun hanya transmisi manual saja, tidak ada versi transmisi otomatis. Pada awalnya Brio Satya tersedia tipe A, S, dan E. Namun akhirnya tipe A dihilangkan hanya tinggal menyisakan tipe S dan E. 

Brio Satya yang memiliki kapasitas mesin 4 silinder 1200 cc dengan tenaga 88 dk diklaim mampu untuk menjalani aktivitas sehari-hari di area perkotaan. Untuk ukuran di kelasnya, Brio memiliki tenaga dan konsumsi bahan bakar yang paling baik sehingga dapat menguasai pasar di kelasnya. Hingga akhirnya pada tahun 2016 Brio mengalami penyegaran dibanding versi sebelumnya. dengan hadirnya New Brio Satya dan Brio RS akhirnya menambah ketatnya persaingan pasar otomotif nusantara. Varian RS biasanya disematkan pada Jazz maupun Mobilio saja. Namun kali ini Honda memberi label RS pada varian terendahnya.

New Brio Satya
Pada peluncuran New Brio Satya tahun 2016 memiliki tipe S dan E. Tipe terendah ada pada tipe S yang hanya mengusung transmisi manual saja. Sedangkan pada tipe E ada yang mengusung transmisi otomatis. Untuk tipe tertinggi yaitu Brio RS tersedia dalam varian transmisi manual dan otomatis. New Brio Satya dan Brio RS ini sudah dipersenjatai dengan mesin 1200 cc namun tenaganya mengalami peningkatan sebesar 2 dk, sehingga tenaga puncaknya ada di 90 dk. Ini tentunya dapat meningkatkan performanya menjadi lebih baik dalam berakselerasi maupun melintasi berbagai tanjakan. Pada generasi Brio yang lama (2012-2015) transmisi otomatis yang digunakan masih jenis AT (Automatic Transmission). Sedangkan pada Brio yang sekarang transmisi otomatisnya menggunakan jenis CVT (Continuous Variable Transmission).


Mesin Honda New Brio Satya dan Brio RS

Bila bicara tentang perbedaannya, AT merupakan model lama sedangkan CVT merupakan model baru yang sekarang banyak digunakan pada mobil-mobil kelas menengah ke atas. Transmisi AT dikenal dengan akselerasinya yang lebih spontan, perpindahan percepatan yang masih terasa hingga kabin, namun mengorbankan kehematan bahan bakar. Transmisi CVT memang mengorbankan akselerasi namun perpindahan percepatannya tidak terasa sehingga konsumsi bahan bakarnya pun bisa lebih hemat dibanding transmisi AT.

Interior Brio yang terlihat elegan mampu membuat nyaman bagi siapapun yang ada di dalamnya. Tampilan speedometer yang lebih baru, audio, maupun AC yang sudah tampilan digital menjadi nilai tambah untuk Brio.


Tampilan interior


New Brio Satya maupun Brio RS dilengkapi fitur GCON Ace pada semua struktur bodinya untuk menyerap berbagai benturan maupun getaran yang diterima dari luar. Pada saat uji tabrak versi ASEAN NCAP, New Brio Satya maupun Brio RS mampu mendapatkan bintang 5 alias nilai yang sempurna. Artinya, untuk di kelasnya sendiri Brio mampu bersaing dengan para kompetitor dari segi keselamatan.


Struktur bodi Brio series sudah memenuhi standar keselamatan

Fitur keselamatan lain yang disematkan yaitu Dual Airbags yang berada di bagian depan, terdapat di kemudi dan dashboard bagian penumpang depan. Airbag tentunya berfungsi sebagai penahan bagi kepala dan badan kita dari benturan yang mungkin terjadi apabila terjadi suatu kecelakaan. Sehingga pada saat tabrakan terjadi, airbag mengembang dan dapat melindungi kepala dan badan penumpang dari benturan maupun serpihan kaca.

Dual Airbags

Berikut spesifikasi secara umum New Brio Satya dan Brio RS :
  • Mesin 1200 cc tenaga 90 dk
  • Sistem injeksi PGM-FI
  • Kapasitas penumpang 5 orang
  • Rear wiper (semua tipe kecuali New Brio Satya S)
  • Fog lamp (semua tipe kecuali New Brio Satya S)
  • New sporty grille
  • Rear garnish (semua tipe kecuali New Brio Satya S)
  • Digital AC
  • Transmisi manual dan CVT
  • Eco Indicator
  • 14" alloy wheel (New Brio Satya) dan 15" alloy wheel two tone color (Brio RS)
  • Retractable mirror (Brio RS)
  • Head unit 2 DIN (New Brio Satya) dan LCD Touchscreen 6,2" (Brio RS)
  • Audio steering switch (semua tipe kecuali New Brio Satya S)
  • Tweeter speakers (Brio RS)
  • Rem ABS dan EBD (New Brio Satya CVT dan Brio RS CVT)
Untuk lebih detilnya lihat di bawah ini untuk spesifikasi lengkap New Brio Satya maupun Brio RS.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar